ce.
2 min readSep 4, 2023

Dirumah Zio.

“jadi, mau cerita apa? udah siap buat cerita?”

“huftt… gw boleh tanya?”

“apa?”

“Ken, di dunia ini, cuman gw aja yang tersiksa?”

“maksudnya?”

“gw capek… gw pengen kayak lu ama temen-temen laen, bisa jalan-jalan bareng ortunya, lah gw?”

Zio mulai meneteskan air matanya, Keenan dengan cepat mengelapnya dengan ibu jarinya.

“jangan gitu.. ayo cerita.”

“jadi gini ken, sebenernya gw ama ortu gw baik-baik aja, cemara banget. terus gatau kenapa ayah gw datang ke rumah bawa cewe selain bunda gw. Saat itu bunda gw kecewa banget sama ayah gw.”

Perlahan-lahan, air mata Zio keluar.

“bunda gw mutusin buat cerain ayah gw, dan ayah gw bilang kalau gw diurus sama ayah gw…”

Keenan masih setia mendengarkan cerita Zio. Ia hampir saja menurunkan air matanya juga.

“kenyataannya, gw ga di sayang sama ayah gw, ayah gw malah sering lembur, besoknya ayah gw pulang bawa cewe baru, dia bilang itu bunda baru gw.. gw iyain aja kemauan ayah gw, tapi sama aja Ken, gw tetep ga dianggap”

“jadi? tapi memilih tinggal sendiri di apartment?” tanya Keenan dengan halus.

“iya, tapi sebelum itu gw tinggal dam diurus baik sama tante dan om gw yang kebetulan belum dikasih momongan. gw disayang layaknya anaknya. gw diajak jalan-jalan, di beliin apa yang gw mau. tapi lama kelamaan, gw sadar kalau itu ngerepotin, sangat ngerepotin. jadi gw bilang gw mau beli apartment sendiri dari hasil uang yang gw tabung semasa kecil. tante dan om gw iyain aja, tapi mereka tetap sering kirim gw uang. padahal gw udah bilang gausah.”

“andai ortu gw kayak tante dan om gw ya, ken?”

setelah bercerita panjang, Zio tiba-tiba mengingat suatu hal yang terngiang-ngiang dikepalanya.

flashback- on

“Ayah, ayah sayang io kan? bunda juga kan? jangan tinggalin io sendiri ya?? io takuttt” ucap seorang anak kecil.

tak lain, tak bukan adalah ZIO ARKATAMA.

“iya sayang, ayah akan sayanggggg terus sama io, ayah ga bakal tinggalin io.”

“iya nak, bunda juga selalu sayang io selamanya, sampai seumur hidup bunda”

lalu mereka berpelukan sesaat.

flashback- off

Zio menitihkan air matanya kembali, namun sekarang deras.

turun,

turun lagi,

“hks… boleh ga gw kangen mereka? gw kangen pelukan mereka.. gw kangen kebersamaan mereka dan gw, ken.”

Dengan sigap, Keenan memeluk tubuh Zio.

“gw disini, Lo tenang aja. lo gausah merasa sendiri. lo bisa panggil gw saat lo membutuhkan seseorang. gw akan selalu ada-

-i’m promise..”

TBC

@leejnjm00